Beranda Berita “Iki Konco Kulo” Penuturan Syeikh Ihsan Jampes Kepada Mama Cibarusah

“Iki Konco Kulo” Penuturan Syeikh Ihsan Jampes Kepada Mama Cibarusah

49
0

KHr. Ma’mun Nawawi selain berguru kepada Mama Tubagus Bakri atau lebih dikenal Mama Sempur, beliau pun berguru kepada Hadrotussyaikh Hasyim Asyari juga KH. Ihsan Jampes.

Diceritakan oleh KH. Khuzaini sebagaimana Mama Cibarusah bercerita masa nyantri dulu. Bahwa Mama ketika nyantri di Syeikh Ihsan, beliau dibully kalau istilah saat ini oleh santri Syeikh Ihsan saat itu. Bahkan Mama selama 1 minggu di Jampes setiap ngambil air untuk wudlu atau pun mandi, air tersebut oleh santri syeikh Ihasan diambil dan dihabiskan.

Kejadian yang berlangsung tersebut akhirnya sampai ke Lurah Asrama. Saat lurah asrama kroscek, ternyata lurah tersebut adalah santri Mama Sempur yang dulu waktu di Sempur ngajinya ke Mama Cibarusah. Akhirnya yang awalnya Mama dibully, banyak santri yang ikut ngaji di luar jadwal Syeikh Ihasan.

diceritakan oleh KH. Syukron Makmun dari guru beliau KH. Busyairi Rawamerta Karawang, bahwa saat KH. Busyairi nyantri ke Syeikh Ihsan, Syeikh Ihsan bertanya kenal tidak dengan Makmun Nawawi? dijawab oleh KH. Busyairi bahwa Ma’mun Nawawi adalah senior beliau di sempur bahkan yang merekomendasikan agar beliau nyantri ke Jawa.

Sambil menangis, Syeikh Ihsan ketika mendengan nama Mama Cibarusah, beliau berkata “Iki Konco Kulo”.

Begitulah hubungan Mama Cibarusah dengan Syeikh Ihsan. termasuk saat Syeikh Ihsan menyusun kitab mengenai bab rokok, Mama Cibasrusah pun menukilkan kitab dengan nama Syurbuddukhon membahas bab rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here